Minggu, 06 Maret 2011

Lebih baik mencegah dari pada mengobati

 
--- Memang ---  
lebih baik mencegah dari pada mengobati  
 
Dalam suatu peternakan ayam, dapat terjadi banyak sekali variasi penyakit yang sudah sangat dipahami atau familiar bagi peternak terutama peternak skala menengah dan besar.

Berbicara keberhasilan mengenai peternakan (tanpa tergantung skala bisnisnya) oleh seorang peternak ditentukan dari pengetahuan dan pemahaman dengan pengenalan sumber hambatan dan ancaman dari penyakit yang mungkin dapat menjadikan ledakan penyakit menular dan berakibat sangat merugikan. Oleh sebab itu, pengamanan dan menjauhkan ternak ayam dari sumber wabah dan hambatan potensial tersebut menjadi prioritas dan perhatian khusus.

Dimulai dengan pemilihan indukan yang unggul, pengelolaan yang baik, sanitasi, peningkatan daya tahan ayam dengan vaksinasi dan usaha menjauhkan ternak ayam dari sumber penyakit adalah kunci sukses dalam beternak ayam.

  Secara prinsip penyakit ayam dapat disebabkan oleh 3 hal yaitu :

 Penyakit yang menular dan disebabkan oleh bakteri, protozoa, virus, parasit dan jamur.

Penyakit yang disebabkan oleh faktor atau sebab lainnya.

Penyakit yang disebabkan oleh defisiensi atau kekurangan zat-zat makanan yang diperlukan dalam perkembangan dan ketahanan tubuh ayam yang lebih disebabkan karena ketergantungan ayam pada kualitas makanan yang diberikan oleh peternak

Berikut ini kami mencoba memberikan ringkasan beberapa penyakit yang sering dijumpai pada ayam, termasuk penyakit yang baru-baru ini sangat meresahkan para peternak yaitu Avian Influenza atau yang lebih dikenal dengan Flu Burung.

INFEKSI VIRAL    

 Tetelo
Newcastle Disease (ND)
Sampar Ayam
Pes Cekak  
 
 
Gumoro 
Infectious Bursal Disease  
 
 
Bronchitis
Infectious Bronchitis
Avian Pox

Marek (Visceral Leukosis)

INFEKSI BAKTERI   

Snot/Coryza

Berak Kapur
Pullorum
Berak Hijau

Kolera

Chronic Respiratory Disease (CRD)  
ngorok
Air Sac
Sinusitis
Colibacillosis

INFEKSI PROTOZOA   

  Berak Darah/ Koksidiosis

INFEKSI PARASIT   

Cacingan
Worm Disease  
LAIN-LAIN   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar